Monday, March 17, 2014

Metode Penelitian


Metode penelitian merupakan sejumlah rangkaian dari kegiatan pelaksanaan penelitian yang didasari oleh pandangan filosofis, asumsi dasar, dan ideologis serta pertanyaan dan isu yang dihadapi. Sebuah penelitian memiliki rancangan penelitian tertentu. Rancangan ini menjelaskan prosedur atau langkah-langkah yang harus dikukan, kondisi data yang dikumpulkan, sumber data serta dengan cara apa data tersebut dibuat dan diolah. Tujuan dari perancangan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode penelitian manakah yang baik dan tepat untuk penelitian yang akan dilakukan.

Macam-macam metode penelitian berdasarkan sifatnya :
  1. Metode eksperimen dapat didefinisikan sebagai metode sistematis guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat. Penelitian eksperimen merupakan metode inti dari model penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam metode eksperimen, peneliti harus melakukan tiga persyaratan yaitu kegiatan mengontrol, kegiatan memanipulasi, dan observasi. Dalam penelitian eksperimen, peneliti membagi objek atau subjek yang diteliti menjadi 2 kelompok yaitu kelompok treatment yang mendapatkan perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan.

  2. Metode Verifikasi merupakan suatu metode yang dilakukan untuk menguji tujuan dari laporan penelitian yang sudah dilakukan. Metode ini dilakukan untuk mengetahui seberapa manfaat atau kegunaan dari tujuan tersebut. Metode ini juga menguji teori-teori yang sudah ada untuk menyusun suatu teori yang baru dan menciptakan pengetahuan yang baru. Metode Verifikasi sering disebut Grounded Research, yaitu metode yang menyajikan suatu pendekatan baru dengan menggunakan data sebagai sumber teori.  

  3. Metode Deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Penelitian deskriptif memusatkan perhatian kepada masalah-masalah actual sebagaimana adanya pada saat penelitian berlangsung. Melalui penelitian deskriptif, peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakukan khusus terhadap peristiwa tersebut. Variabel yang diteliti bisa tunggal (satu variabel) bisa juga lebih dan satu variabel.

  4. Metode Historis merupakan metode yang dilakukan dengan meneliti kejadian yang sudah terjadi sebelumnya. Penelitian Historis bertujuan untuk menemukan generalisasi dan membuat rekontruksi kejadian masa lalu dengan mengumpulkan , mengevaluasi, memverifikasi, dan mensistesis bukti-bukti yang empirik (nyata/fakta) dan mendapakatkan kesimpulan yang akurat. Metode ini bertujuan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif.
Sumber : Surya Dharma, MPA., Ph.D, (2008) Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan : Jakarta

No comments:

Post a Comment